Senin, 19 Oktober 2009

PENGGOLONGAN KOMPUTER


Komputer digolongkan dalam beberapa sudut pandang. Ada yang menggolongkan berdasarkan data yang diolahnya, berdasarkan penggunaanya, berdasarkan ukurannya dan berdasarkan generasinya.

BERDASARKAN DATA YANG DI OLAH

Berdasarkan data yang diolah komputer digolongkan ke dalam tiga golongan yaitu analog computer, digital computer dan hybrid computer.

Analog Computer

Digunakan untuk data yang sifatnya kontinu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk phisik seperti arus listrik, temperatur, kecepatan dan lain sebagainya.

Output dari komputer analog ini umumnya adalah pengaturan atau pengontrolan suatu mesin. Misalnya digunakan untuk mengatur katup atau digunakan untuk mengatur temperatur dalam suatu alat pembakaran.

Komputer analog banyak digunakan pada proses pengontrolan pabrik kimia, pembangkit tenaga listrik, penyulingan minyak, pengukuran denyut jantung dan lain sebagainya.

Keuntungan dari komputer analog adalah kemampuannya dalam menerima data besaran phisik dan langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu.

Kerugiannya adalah terletak pada faktor ketepatannya.

Digital Computer

Data diterima dalam bentuk angka atau huruf. Komputer ini biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan aplikasi teknik. Keunggulannya adalah:

  1. Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.
  2. Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
  3. Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai yang satu lebih kecil, atau sama dengan, atau lebih besar sama dengan elemen nilai yang kedua.
  4. Data yang telah masuk dapat dikoreksi dan dihapus.
  5. Output dari komputer digital dapat berupa angka, hurup, atau grafik, maupun gambar.

Hybrid Computer

Merupakan kombinasi dari komputer analog dan komputer digital. Komputer ini dibutuhkan dalam aplikasi khusus yang mampu menyelesaikan permasalah lebih cepat dari komputer analog dan lebih tepat dari komputer digital.

BERDASARKAN PENGGUNAANNYA

Special-Purpose Computer

Dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus, yang biasanya berupa satu masalah saja. Program komputer sudah tertentu dan tersimpan di dalam komputernya.

Komputer ini biasanya berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah komputer special-purpose computer.

General-Purpose Computer

Dirancang untuk menyelesaikan berbagai masalah, dan mempergunakan program bermacam-macam.

Kecepatan lebih lambat dibanding Special-Purpose Computer. Komputer ini sebagian besar dirancang pada generasi ketiga dan dapat digunakan dalam aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dan lain-lain.

BERDASARKAN UKURANNYA

Micro Computer

Disebut juga personal computer atau desktop computer. Memiliki ukuran main memory berkisar dari 16 KB sampai lebih dari 1 MB dengan konfigurasi 8 bit, 16 bit, dan 32 bit

Umumnya komputer ini adalah single user (1 komputer 1 pemakai). Perkembangan lebih lanjut, adalah komputer super micro yang merupakan multi user system.

Mini Computer

Digolongkan kembali menjadi mini mini computer, midi mini computer maxi mini computer dan super mini computer, tergantung dari kemampuannya.

Pertama kali komputer mini mempunyai kapasitas main memory sekita 4 MB sampai 128 MB.

Komputer mini bersifat multi user (pemakai banyak) yang digunakan bersama-sama. Komputer mini memiliki terminal sampai dengan 64 terminal yang dapat dihubungkan yang dapat diletakkan terpisah dengan pusat komputernya.

Komputer mini merupakan komputer pertama kali yang diterapkan dalam aplikasi pengendalian proses produksi, komunikasi data, riset laboratorium.

Small Computer

Disebut juga small scale main frame computer, yang memiliki main memory dari 64 KB dan dapat dikembangkan sampai dengan 8 MB.

Komputer ini bersifat multi user, multiprograming, multi processing.

Medium Komputer

Disebut juga dengan nama medium scale main frame computer. Mempunyai main memory berkisar dari 512 KB sampai dengan 8 MB. Dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output.

Digunakan untuk komunikasi data, dengan ratusan terminal yang terpisah dari komputer pusatnya. Pusat komputer menggunakan medium komputer dan terminal-terminal menggunakan mini computer untuk penerapan konsep DDP (distributed data processing) yaitu terminal yang dapat berhubungan dengan komputer lain, dan dapat juga berdiri sendiri.

Large Computer

Disebut juga dengan large scale mainframe computer, memiliki bentuk pisiknya besar. Large computer memiliki main memory dari 512 KB sampai dengan 8 MB. Digunakan oleh perusahaan besar seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang yang tersebar di dunia.

Super Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar