Senin, 19 Oktober 2009

PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK


Perkembangan Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Membuat program dengan menghubungkan beberapa sirkuit komputer atau membuatnya dengan bahasa mesin merupakan pekerjaan yang sulit, karena si pembuat program harus mengetahui betul tentang seluk beluk jaringan kerja dari komputer tersebut. Hal ini menjadikan pemikiran untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang lebih mudah. Bahasa tingkat tinggi (high level language) kemudian diciptakan untuk mengatasi hal tersebut. Pemrograman dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan menulis program dalam bahasa awam (inggris sehari-hari dengan aturan tertentu) yang kemudian akan diterjemahkan ke dalam bahasa komputer (bahasa mesin).

Contoh program dengan menggunakan bahasa tingkat tinggi ini adalah Fortran (Formula Translator) yang digunakan untuk keperluan teknik dan matematika, LIPS yang digunakan oleh peneliti-peneliti artifical intelligence, ALGOL digunakan untuk memecahkan masalah-masalah secara umum, dll.


Perkembangan Perangkat Lunak Paket Aplikasi

Sejak beredarnya personal computer, telah banyak perangkat lunak untuk berbagai keperluan aplikasi yang tersedia guna memenuhi kebutuhan para pemakai komputer.

Electric Pencil (1976)
Merupakan program pengolah kata (word processor) yang dikembangkan oleh Michael Shrayer. Electric Pencil merupakan program pengolah kata pertama yang memiliki 78 versi. Namun kurang bisa menembus pasar karena tidak populer.

Word Star (1979)
Paket pengolah kata Word Star ini ditulis oleh John Barnaby, dan langsung sukses di pasaran dengan perusahaannya yang bernama Micropo. Word Star memiliki beberapa versi diantaranya Word Star Release 3.4, Word Star Profesional Release 4.0, Word Star 2000+Release 2.0.

Apple Writer (1979)
Program ini merupakan paket pengolahan kata yang laris terjual. Apple Writer ditulis oleh Paul Lutus, yang merupakan programer independen, artinya tidak mau tergantung atau terikat oleh proyek-proyek orang lain.

Lotus 123 (1982)
Program ini merupakan suatu program paket yang berisi program-program spreadsheet, grafik dan kemampuan untuk mendapatkan informasi, yaitu tiga bentuk dalam satu program sehingga dinamakan 1-2-3.
CP/M (1970)
Pada tahun 1970, komputer mikro mulai dikembangkan dan bersamaan dengan itu perusahaan Digital Researsh Mengembangkan Operating System (OS) yang diterapkan di komputer mikro, yang disebut CP/M.
CP/M merupakan singkatan dari Control Program/ Microprocessor atau ada yang menyebutnya Control Program/ Monitor. Operating System ini digunakan pada komputer 8 bit. Pengembangannya antara lain adalah CP/M-86, CP/M Plus, personal CP/M, dan MP/M.

MS-DOS (1980)
Microsoft Corporation mengembangkan operating system dengan nama MicroSoft Disc Operating System untuk komputer 16 bit. MS-DOS dipergunakan pada komputer mikro yang menggunakan microprocessor intel 8088 dan 8086.

Setelah IMB menetapkan untuk memilih MS-DOS pada IBM PC, kemudian MS-DOS diberi nama IBM PC-DOS, sejak itu lebih dari 50 pabrik komputer menggunakan MS-DOS untuk diterapkan pada komputer yang diproduksinya.


Microsoft Word

Microsoft word merupakan paket program pengolah kata (word processor dan penyunting teks dengan berbagai fasilitas yang dirancang untuk membantu para pengguna (user) agar dapat bekerja dengan lebih mudah.

Pembuatan surat, laporan, makalah, bahkan majalah dapat dilakukan dengan Ms. Word, karena Ms. Word dilengkapi oleh fasilitas antara lain tables, columns, chart, bullets, drawing, dan lain-lain.

File yang dibuat dan disimpan dalam Word dinamakan dokumen. Dokumen pada Word ini dapat terdiri dari satu lebih halaman (page). Pada versi Word 2000 disediakan juga untuk membuat halaman web, yang merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya.

Microsoft word juga menyediakan banyak kemudahan dalam pengoperasiannya. Kemudahan dalam penggunaan mouse dan shortcut keys banyak membantu mempercepat pekerjaan kita.

Keunggulan Microsoft Word
1. Kemudahan dalam pengoperasiannya karena dilengkapi dengan toolbar-toolbar yang mudah dan mempercepat pekerjaan. Dengan toolbar ini kita dapat secara cepat mengubah jenis, ukuran, style karakter, dan lain lain.
2. Adanya kemampuan drag & drop.
3. Kemampuan untuk pembuatan dokumen mulitple columns (seperti koran).
4. WYSIWYG (what you see is what you get), yaitu tampilan di layar yang sesuai dengan hasil cetakan di printer.
5. Fasilitas pembuatan tabel, border dan shading yaitu fasilitas untuk membuat tabel, garis, dan bayangan seperti pembuatan formulir bergaris.
6. Adanya fasiitas autocorrect.
7. Drawing, yaitu fasiitas untuk menggambar.
8. Wordart yaitu fasilitas untuk membuat teks yang artistik.
9. Equation, yaitu fasilitas untuk menulis persamaan matematika.


Microsoft Excel

Microsoft excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) terpopuler dan tercanggih saat ini. Excel merupakan salah satu produk unggulan dari Microsoft Corporation yang banyak berperan dalam pengelolaan informasi khususnya data berbentuk angka untuk perhitungan, proyeksi analisis, dan presentasi data. Keunggulan program spreadsheet ini adalah mudah dipakai, fleksibel, mudah berintegrasi dengan program aplikasi berbasis Windows, dapat bekerja pada sistem jaringan serta dapat memanfaatkan fasilitas internet dan intranet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar