Senin, 19 Oktober 2009

PENERAPAN KOMPUTER


1 Di Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan

Kecepatan dan ketepatan komputer sangat bermanfaat dalam pengolahan data pada aplikasi teknik. Komputer dapat menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat. Perhitungan yang biasanya dilakukan secara trial and error (coba dan salah), yang biasanya sangat lama, sulit, dan membosankan, sekarang telah dapat dialihkan tugasnya kepada komputer.

Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bila dilakukan oleh manusia dan membutuhkan biaya besar, sekarang dapat dilakukan secara simulasi pada komputer.

Misalnya, pada teknik sipil, perhitungan konstruksi gedung tingkat tinggi yang rumit dapat di selesaikan dengan komputer

2. Di Bidang Bisnis

Kegunaan komputer di bidang bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat yang dibutuhkan oleh berbagai tingkat (level) Manajemen.

Manajemen membutuhkan informasi yang berbeda-beda, sesuai dengan tingkatannya diperusahaan. Informasi yang beraneka ragam, harus tepat pada waktunya dan harus tepat hasilnya, membutuhkan suatu alat pengolah data yang menyediakan informasi tersebut, yaitu komputer.

Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem informasi yang sekarang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen.

MIS atau SIM didefinisikan oleh Gordon B. Davis sebagai suatu sistem informasi yang didasarkan pada komputer, dirancang untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi.

3. Di Bidang Industri

Penerapan komputer di bidang industri sekarang telah meluas dipergunakan, karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif.

Di dalam proses produksi, komputer dapat dipergunakan untuk pengawasan numerik yang berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi dari mesin-mesin yang dipergunakan misalnya mesin pemotong. Sistem komputer ini digunakan dengan menggunakan data numerik. Kedua pengawasan kontrol berarti menyediakan otomatisasi di dalam proses yang kontinu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri untuk membuat otomatis proses produksi dan untuk mengatur secara otomatis variabel-variabel yang mempengaruhi proses produksi tersebut yang sulit dilakukan oleh manusia. Faktor-faktor variabel yang mempengaruhi proses produksi dapat berupa waktu pengolahan, temperatur, ukuran, volume dan sebagainya. Komputer ini banyak digunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, bahan kimia, dan lain-lain.

4. Di Bidang Perbankan

Peningkatan pelayanan pihak bank tersebut terhadap nasabahnya, sistem informasi, dan lain-lain.

5. Di Bidang Pendidikan

Komputer sekarang sudah memasuki di dalam bidang pendidikan, di mana sekarang telah banyak tersedia paket-paket program untuk membantu di dalam bidang pendidikan. Misalnya paket program untuk membantu dalam mempelajari matematika, biologi, statistika, bahasa inggris.

6. Di Bidang Kedokteran

Di bidang kedokteran, komputer banyak digunakan di rumah sakit untuk membantu dalam mendiagnosa penyakit.

Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) digunakan pertama kali pada tahun 1973 untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan untuk mengambil seluruh organ tubuh.

Tomography adalah teknik yang mempergunakan sinar X untuk menganalisis organ tubuh

7. Di Bidang Penerbangan

Salah satu kegunaan komputer pada perusahaan penerbangan adalah mengatur jadual penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. Semua data penerbangan direkam pada komputer yang biasanya terletak di kantor pusat. Tiap-tiap cabang dapat menanyakan jadual penerbangan dan kursi-kursi yang masih kosong untuk suatu jadual penerbangan tertentu. Dengan bantuan komputer, pengaturan jadual penerbangan akan lebih cepat dan tepat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar